Kamis, 11 Oktober 2012

Laporan PKL BAB 1


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Pemilihan Judul
Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di era globalisasi dan persaingan dunia yang sangat ketat saat ini, maka setiap generasi baru harus mampu menyesuaikan dan mengembangkan diri terhadap lingkungan yang akan dihadapinya dengan cara membekali diri dengan pendidikan.
Program D3 Manajemen Informatika Komputer AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar ingin menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan professional dalam dunia kerja nantinya. Untuk menciptakan SDM yang berkualitas maka AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar mewajibkan mahasiswa AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Yang mana dapat dilaksanakan di berbagai instansi baik milik pemerintah maupun swasta. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, sehingga benar-benar menjadi ahli madya yang terampil pada bidangnya.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu matakuliah yang terdapat pada kurikulum program D-3 Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, yang berarti wajib dilaksanakan penulis untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan perkulihannya yaitu pada jurusan Manajemen Informatika Komputer.
Melalui Praktek Kerja Lapangan ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori-teori ilmiah yang diperoleh dari bangku akademis untuk melihat, menganalisis dan memecahkan dilapangan, mempraktekkan kemampuan yang ada, serta memproleh pengalaman dilapangan yang berguna dalam perwujudan pola kerja yang akan dihadapi nantinya dalam lingkungan pekerjaan.

1.2. Tujuan dan Manfaat Praktek Kerja Lapangan
1.2.1. Tujuan
Secara umum, tujuan kerja praktek ini adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mahasiswa/i karena ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan akan lebih bermanfaat bila diaplikasikan pada instansi atau perusahaan.
Secara khusus, yang menjadi tujuan dai Prakek Kerja Lapangan (PKL) adalah :
1.     Mampu mengembangkan dan menerapkan disiplin ilmu yang diproleh selama masa perkulihan.
2.     Memperkenalkan kepada mahasiswa secara langsung situasi kerja yang sebenarnya sehingga kelak mampu beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan yang akan dihadapi.
3.     Memproleh keterampilan dalam penguasaan pekerjaan, sehingga menambah pengalaman dalam persiapan   untuk terjun kedunia yang sesungguhnya.
4.     Berlatih bekeja disiplin dan tanggung jawab.
5.     Guna memenuhi salah satu syarat akademis Program Studi D3 Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi.
1.2.2. Manfaat
Adapun manfaat yang akan di dapat oleh Mahasiswa/i yang melakasanakan Praketek Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai berikut :
1.     Bagi mahasiswa, akan memberi manfaat dalam penerapan teori-teori yang telah dipelajari di bangku kuliah serta mendapat pengalaman dengan terjun langsung kedunia kerja yang nyata.
2.     Bagi Akademik, dapat memperluas pengenalan jurusan Diploma 3 Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi serta mempererat kerjasama antara akademik dengan perusahaan atau instansi yang terkait.
3.     Bagi perusahaan, merupakan peran serta perusahaan atau instansi untuk ikut memajukan pembangunan dalam bidang pendidikan.

1.3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
KP dilaksanakan selama 1 bulan, dimulai dari tanggal 1 Agustus 2012 s/d  1 September 2012. Adapun Perusahan tempat penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah Rumah Sakit Tentara Tk IV 01.07.01 Kota Pematangsiantar yang beralamat di Jl. Gunung Simanuk - manuk  No. 6  Pematangsiantar.

1.4. Sistematik Penulisan
Adapun sistematika dalam penulisan laporan ini secara garis besarnya dibagi dalam 4 bab dan masing-masing bab dibagi atas beberapa sub bab yaitu :

BAB  1.             PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan Latar belakang Praktek Kerja Lapangan, tujuan Praktek Kerja Lapangan, manfaat Praktek Kerja Lapangan, tempat dan waktu pelaksanaan  Praktek Kerja Lapangan  dan sistematika penulisan Praktek Kerja Lapangan.

BAB  2.             DESKRIPSI PERUSAHAAN
Bab ini menjelaskan berdirinya perusahaan, visi dan misi perusahaan, struktur organisasi perusahaan termasuk mengenai tugas dan wewenang serta tanggung jawab masing-masing bagian dalam perusahaan.

BAB  3.             LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Bab ini menguraikan tentang kegiatan praktek kerja lapangan di Rumah Sakit Tentara Tk IV 01.07.01 Kota Pematangsiantar.

BAB  4.             KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini mengemukakan tentang kesimpulan dari pembahasan terdahulu dan saran-saran dari penulis.

1 komentar: