Rabu, 10 Oktober 2012

Laporan Praktikum Bahasa Pemrg. Java Pert. 3 (Senin, 1 Oktober 2012)

       Java adalah bahasa programan yang berorientasi pada objek yang memiliki 2 istilah yaitu : Kelas & objek. Kelas dapat dianalogikan sebagai cetakan dari suatu benda (objek), sedangkan objek adalah benda atau hasil produksi dari cetakkan (kelas) tersebut. 
       Perbedaan kelas dan objek dapat dijelaskan dengan analogis, misalnya kelas itu seperti cetakkan kue, kelas adalah cetakkan untuk objek.
      Contoh sebuah kelas adlah mobil, mobil A, mobil B, masing masing mobil ini berkedudukan sebagai objek. Objek berkelass mobil dapat memiliki data seperti merek mobil, waarna mobil, dan atribut lain yanag berhubungan dengan mobil.
      Atribut adalah keadaan yang dimiliki oleh objek, sedangkan method adalah apa apa yang menurut subjek harus dapat dilakkukan objek. method yang dimiliki objek berkelas mobil dapat berupa cara menghidupkan mesin dan cara mengoper persneling.

A. Kelas

Kelas pada java di defenisikan dengan menggunakan kata kunci class. 
berikut ini adlah bentuk deklarasi dari kelas pada java
[modifier1] class namakelas [modifier2] {
                   class body
}

B. Method

Method digunakan untuk memodularisaasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri. Berikut ini merupakan bentuk deklarasi method pada java : 
[modifier1] tipenilaikembalian namamethod [modifier2] {
                   class body ;
}

C. Constructor ( nama kelas = nama method )

Digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memberikan nilai default) pada atribut atribut yang dimiliki oleh suatu objek itu pertama kali di buat.

D. Modifier 

Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam java.
Jenis jenis modifier :
1. Public
2. Private
3. Default
4. Protected

Perbeadaan :
 
                                                                    public        protectif        default      private
Wilayah akses
Kelas yang sama                                             v                   v                   v                v
antar kelas dalam package yang sama              v                   v                   v                -
sub kelas di package yang berbeda                  v                   v                   -                -
bukan sub kelas, package yang berbeda          v                   -                   -                -

Adapun modifier penting lainnya adalah :
1. static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objek atau     kelas lain tanpa dilakukan instansiasi terhasap kelas dimana atribut maupun method itu berada.
exp : main yang sering digunakan.
2. final (konstanta)  yaitu modifier yang digunakan untuk mencega kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.

E. Objek

Digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek - objek lain yang menggunakannya, dibutuhkan operator new untuk membuat objek dari suatu kelas.

cara membuat objek
1. NamaKelas NamaObjek = new NamaContruktor
2. NamaKelas NamaObjek;
    NamaObjek = new NamaConstruktor();
proses diatas disebut dengan proses instansiasi

Contoh Program

public class Disket { // method disket yang meggunakan modifier public agar bisa diakses oleh kelas                                   utamanya yaitu kelas mainkelas
   int panjang = 10;
   final int lebar = 10;
   String warna = "kuning";
   String bentuk = "segiempat";
   String data = "";

   Disket() { // method disket
       panjang = 100;
   }
   Disket (int panjang1) {
       this.panjang = panjang1;
   }

   void simpanData (String data1) { // method simpan data
        this.data += data1;
   }

   void hapusData () { // method hapus data
       data = "";
   }
   String bacaData () { // method bacadata
       return data;
   }
   }


Note : karena kelas disket bukanlah kelas utama maka kita tidak dapat melihat hasil dari kelas disket, dan untuk melihat hasilnya kita harus melalui kelas utama...






na sekarang kita buat kelas utamanya ...



class MainDisket { // kelas utama
       public static void main (String[] args) { // fungsi utama
           Disket disk1 = new Disket(50); // membuat objek disk1 dalam kelas disket untuk    mengakses    kekelas disket
           System.out.println("Panjang disket = "+ disk1.panjang);
           System.out.println("Lebar disket = "+ disk1.lebar);
           System.out.println("Warna disket = "+ disk1.warna);
           System.out.println("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk);

           System.out.println("Data mula mula = "+disk1.bacaData());
           disk1.simpanData ("Belajar java");
           System.out.println("Setelah simpanData = "+disk1.bacaData());
           disk1.hapusData ();
           System.out.println("Setelah hapusData = "+disk1.bacaData());
       }
}

Hasil

















            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar